DASBOR GOAL DETIK KOMIK

Baca

Senin, 09 April 2012

Keuntungan dan kerugian software open source

Dalam membuat suatu aplikasi seringkali programmer dianjurkan untuk menggunakan software yang sifatnya open source. Arti dari open source itu sendiri adalah sumber yang terbuka yang berarti software tersebut dapat menampilkan seluruh source code nya kepada pengguna sehingga mudah dimodifikasi atau dikembangkan kembali oleh programmer lainnya untuk membuat program yang lebih baikdi masa yang akan datang. Selain itu software open source bisa didapatkan secara bebas.
Adapun keuntungan dan kerugian dalam membangun sebuah aplikasi dengan menggunakan software open source diantaranya :
Kelebihan
Dilihat dari sisi pengguna
1. Pengguna secara otomatis akan terlibat langsung dalam proses pengembangan program karena dapat langsung mengetahui source code dari suatu program.
2. Error handling yang baik dikarenakan banyaknya developer yang dapat terlibat dalam suatu program.
3. Meningkatkan potensi untuk mandiri di bidang TI sehingga ketergantungan pada vendor berkurang.
Dilihat dari sisi developer
1. Banyaknya developer/programmer yang tertarik untuk terlibat dalam proses pengembangan sebuah software agar menjadi lebih baik.
2. Tidak diperlukannya biaya tambahan untuk memperkenalkan konsep dari software yang anda buat.
Kekurangan
1. Tidak adanya garansi pengembangan
Biasanya terjadi ketika sebuah project dimulai tanpa dukungan yang kuat dari satu atau bebrapa perusahaan, sehingga memunculkan celah awal ketika sumber code masih mentah pengembangan dasar masih dalam pembangunan.
2. Masalah yang berhubungan dengan intelektual property
Pada saat ini beberapa Negara menerima software dan algoritma yang dipatenkan. Hal ini sangat sulit untuk diketahui jika beberapa metode utama untuk menyelesaikan masalah software dipatenkan sehingga beberapa komunitas dapat dianggap bersalah dalam pelanggaran intelektual property.
3. Kesulitan dalam mengetahui status project
Tidak banyak iklan bagi open source software, biasanya beberapa project secara tidak langsung ditangani oleh perusahaan yang mampu berinvestasi dan melakukan marketing.
4. Support berbayar
Jika terdapat masalah pada software seperti menemukan hole yang tidak dipahami, maka solusinya yaitu mencari penyelesaian masalah di forum-forum. Jika tidak ada solusi maka perlu membutuhkan anggaran dana yang tidak sedikit untuk biaya konsultasi dengan pakar yanmg ahli dalam bidang open source tersebut.
5. Banyak software yang mirip
Open source digunakan secara bersama-sama, hal ini tentu saja menyebabkan akan menimbulkan resiko kurangnya diferensiasi antara satu software dengan software lainnya.

sumber :
http://andre-antoniuzz.blogspot.com/2012/04/alasan-keuntungan-serta-kerugian-open.html
http://ezine.echo.or.id/ezine1/sedikit%20tentang%20Open%20source.txt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar