DASBOR GOAL DETIK KOMIK

Baca

Jumat, 08 Oktober 2010

Manli GTS 450, Perkasa di Kelas Bawah


Nvidia akhirnya telah melengkapi seluruh jajaran produknya. Mulai dari GTX 480, GTX 470, GTX 460 dan terahir adalah GTS 450. Manli, merupakan salah satu vendor kartu grafis yang sukses mengadopsi anak bungsu Fermi tersebut.

Ingin menyasar pengguna komputer berdana cekak, Manli pun membanderol GTS 450 besutannya pada kisaran harga USD 155 atau sekitar Rp 1,3 juta. Harga yang cukup kompetitif, jika dilihat dari spesifikasi yang ditawarkannya. Bagaimana performanya?

Perkasa di Kelas Bawah
Manli GTS 450 menggunakan Graphics Processing Unit (GPU) GF106 yang memiliki kecepatan 783MHz dan 1566MHz untuk Shader Clock. Agar lebih optimal, produk ini juga menggunakan memory DDR5 yang berlari pada kecepatan 902MHz. Jadi, jika dihitung-hitung dengan jalur data sebesar 128bit, produk ini memiliki total bandwidth sekitar 57,7GB/sec.

Melihat spesifikasi yang ditawarkan tampaknya produk ini memang cukup perkasa untuk menjalan game terkini sekali pun. Benarkah?

Pengujian dilakukan detikINET untuk memain beberapa game seperti Mafia II, StarCraft II, atau pun FIFA 11. Hasilnya? Manli GTS 450 mampu menjalankan semua game tersebut dengan detail maksimal pada resolusi tinggi. Namun perlu diketahui, itu semua juga tidak luput dari perangkat pendukung seperti prosesor atau pun memory yang digunakan.

Jajaran kartu grafis Fermi memang terkenal akan tingkat panasnya yang tinggi, namun hal itu tidak belaku untuk GTS 450. Karena mengusung spesifikasi lebih rendah dari terdahulunya, serta kipas pendingin yang mumpuni, produk ini hanya menoreh angka 73 derajat ketika digeber pada beban maksimum.

Cukup dingin dan aman memang, bahkan untuk digunakan pada komputer dengan casing tertutup sekali pun. Hanya saja tingkat kebisingan yang ditimbulkan cukup menggangu ketika mencapai beban maksimal.

Desain Kompak dan Bundling Sederhana

Tidak seperi keluarga Fermi lain yang memiliki ukuran besar. Manli GTS 450 memiliki ukuran tergolong kecil, malah masih bisa digunakan pada komputer yang menggunakan casing berjenis mid-tower.

Konsumsi daya yang dibutuhkan untuk mengoperasikan produk ini pun tidak serakus para terdahulunya. Hal ini bisa dilihat pada penggunaan satu port berbasis 6 pin yang berada pada bagian belakanngnya.

Untuk paket penjualan, PT Dimensi Tiga sebagai distributor produk ini terbilang cukup sederhana. Pengguna hanya mendapatkan beberapa perlengkapan seperti, HDMI to Mini HDMI converter, Kabel power, dan sebuah CD penunjang. Tidak ada game, atau pun aplikasi tambahan.

Kesimpulannya, Manli GTS 450 memang merupakan kartu grafis terjangkau yang patut diperhitungkan. Produk ini juga masih cukup handal untuk menemani para gamer yang menggunakan monitor 17-19 inchi. Hampir semua game yang detikINET coba bisa dimainkan dengan nyaman, walalu harus sedikit mengorbankan fitur Anti-Aliasing ketika memainkan game kelas berat di resolusi 1920 X 1080 pixel.

1 komentar:

  1. How to play blackjack - youtube.com
    Blackjack is a trick-taking card game that can be played in the casino, as opposed to blackjack. The objective youtube to mp3 android is to have a winning hand to keep your

    BalasHapus