DASBOR GOAL DETIK KOMIK

Baca

Senin, 19 Oktober 2009

Teori organisasi umum

Salah satu factor penentu keberhasilan/kegagalan organisasi adalah factor Sumber Daya Manusia (SDM)

SEBERAPA PENTINGKAH ORGANISASI DALAM PERUSAHAAN

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai seberapa pentingkah organisasi dalam perusahaan sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu organisasi dan apa itu perusahaan.

PENGERTIAN ORGANISASI

v Organisasi menurut stoner

Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.

v Organisasi Menurut James D. Mooney

Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

v Organisasi Menurut Chester I. Bernard

Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

PENGRTIAN PERUSAHAAN

v Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi

Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan tersebut yang terdaftar di pemerintah secara resmi.

HUBUNGAN ANTARA ORGANISASI DAN PERUSAHAAN

organisasi adalah tempat orang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah mereka sepakati bersama, tujuan mereka adalah untuk mencari keuntungan maka organisasi mereka disebut perusahaan

maka dapat di simpulakan bahwa organisasi dan perusahaan saling berkaitan tidak dapat dipisahkan karena perusahaan tanpa adanya organisasi yang baik perusahaan itu tidak akan berjalan dgn semestinya.

Dalam usaha kami yang bergerak di bidang rental komputer organisasi sangat diperlukan karena tanpa organisasi antara lini satu degan yang lainnya atau dapat diartiakn antara petinggi perusahaan dan bawahan tidak aka nada saling keterkaitan.

Tanpa organisasi dalam perusahaan keharmonisan perusahaan tidak akan pernah ada karena semua orang yang terlibat dalam perusahaan akan merasa memiliki perusahaan itu dengan kata lain tidak ada yang meminpin dan tidak yang dipimpin.

Beberapa teori yang digunakan organisasi dalam perusahaan :

Ø Teori Organisasi Klasik

1. Agar supaya seseorang dapat ikut mengembangkan organisasi di mana dia berada, maka perlulah dia menghayati perkembangan teori organisasi yang pada hakikatnya mendasari terbentuknya organisasi.

2. Teori organisasi dibedakan ke dalam Teori Klasik, Teori Neoklasik dan Teori Modern.

3. Teori Klasik berpangkal tolak pada struktur, hubungan, fungsi formal kegiatan orang dalam rangka mencapai tujuan bersama. Teori Neoklasik berdasarkan pada hubungan-hubungan “informal” yang manusiawi. Teori Modern berdasarkan pada hubungan formal dan informal, makro dan mikro

4. Teori Klasik dibagi lagi ke dalam:
a. Teori Birokrasi: organisasi berdasarkan aturan tertentu;
b. Teori Administrasi: organiaasi berdasarkan unsur-unsur manajemen yaitu perencana-an, pengorganisasian, perintah, koordinasi dan pengawasan; dan
c. Teori Manajemen Ilmiah: organisasi berdasarkan metode kerja ilmiah.

Ø Teori Organisasi Modern

1. Teori Organisasi Modern merupakan teori yang mendekati masalah sebagai suatu sistem keseluruhan, memperhatikan berbagai variabel, dan memahami adanya proses dinamis.

2. Teori Organisasi Modern membicarakan sistem dan ketergantungan bagian, organisasi formal, organisasi informal, struktur status dan peranan, dan lingkungan fisik. Selain itu dikemukakan pula proses hubungan dalam sistem dan tujuan organisasi.

3. Organisasi, menurut Teori Organisasi Modern, adalah proses yang tersusun dalam suatu sistem di mana orang di dalamnya berinteraksi untuk tujuan.

FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN /KEGAGALAN ORGANISAISI DALAM PERUSAHAAN

v Sumber Daya Manusia

Fakor ini adalah yang terpenting karena dengan tidak adanya Sumber Daya Manusia yang memedai baik itu organisasi maupun perusahaan tidak akan berjalan dengan baik,dengan adanya SDM yang baik dalam perusahaan maka perusahaan akan dapat bersaing dengan perusahaan lain,SDM yang baik adalah yang dapat menciptakan berbagi inovasi terbaru dan pemikran yang cerdas sehingga pemikiran dan inovasinya tidak dapat ditiru oleh perusahaan lain.

v Harmonis

Hubungan yang baik akan menciptakan perusahaan diraskan sperti rumah sendiri bagi pegawai maupun staf yang terlibat dalam perusahaan itu.

Tidak luput juga bagi pemakai mereka akan mersakan hal yang positif apabila keadaan keadaan perusahaan/tempat rental harmonis atau menyenangkan

v Strategi

Strtegi yang baik akan menghasilkan hasil yang baik,perusahaan ini menerapkan beberapa stragi yang akan menguntungkan perusahaan di antaranya

· Lokasi

Kami memilih lokasi yang tepat untuk mendirikan perusahaan rental ini dengan memilih tempat yang terletak tidak jauh dari 2 universitas yaitu Universitas Gunadrama dan Universitas Indonesia lokasi ini juga tidak jauh dari pemukiman pendduk dan akses jalan yang dapat di jangkau dari berbagai tempat.

· Fasilitas

Perusahaan memiliki berbagi fasilitas disamping rental komputer juga ada jasa pemakain internet,disamping itu fasilitas ruangan yang memadai dan full AC akan membuat setiap orang merasa betah untuk berada disana.

1 komentar: